Kemenko PMK Kembali Bahas Progress Pengendalian Defisit Dana Jaminan Sosial Kesehatan

Suararakyatmerdeka.com, Jakarta – Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Achmad Choesni, Kamis (14/12/2017) siang memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) tingkat eselon I guna membahas progress tindak lanjut terkait dengan Defisit Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan. Rakor ini dihadiri oleh perwakilan kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan BPJS Kesehatan.
Sebelumnya pada 6 November 2017 lalu, telah dilaksanakan Rakor Tingkat Menteri terkait dengan Defisit Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan yang dipimpin langsung oleh Menko PMK Puan Maharani. Ada beberapa arahan yang disampaikan oleh Menko PMK pada kesempatan itu, diantaranya kebijakan Presiden untuk tidak menaikkan iuran kepesertaan BPJS Kesehatan dan arahan untuk memperjelas substansi revisi permenkes Nomor 40 tahun 2016.
Sementara pada rakor kali ini akan dibahas beberapa hal, yaitu perkembangan bauran kebijakan seperti Kendali mutu dan kendali biaya; strategic purchaser; Cost sharing, dan sharing Pemda dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain itu dibahas pula perkembangan perubahan Perpres Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, perkembangan perubahan Permenkes Nomor 40/2016 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Pajak Rokok untuk Pendanaan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, perubahan Permendagri Nomor 33/2017 tentang penyusunan APBD Tahun 2018, dan perkembangan penyusunan payung hukum mekanisme pemotongan/intercept pajak rokok. Hasil rakor pada hari ini nantinya akan menjadi bahan dalam Rakor tingkat Menteri yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. (as)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *